Gambar

Kandungan Rokok

Teknik Mengurangi dan Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah perbuatan yang sukar dihilangkan bagi perokok. Biasanya faktor-faktor seperti rasa lapar, marah, kesepian, dan kelelahan menjadi pemicu seorang perokok untuk merokok. Berikut adalah saran-saran yang bisa dilakukan oleh para perokok yang ingin mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan merokok:

1. Menunda. Menunda artinya ketika rasa ingin merokok mulai ada, jangan segera mengambil sebatang rokok, tetapi tundalah. Bagaimana cara menunda untuk merokok? Poin-poin berikut bisa digunakan untuk menunda kegiatan merokok.

2. Mengalihkan. Ketika pikiran dipenuhi dengan keinginan merokok, sadari lalu alihkan ke pikiran lain, misalnya melakukan kegiatan lain seperti olah raga, menyiram tanaman, dll.

3. Minum air. Meminum air dapat mensugesti para perokok untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

4. Menarik nafas secara mendalam. Menarik nafas dipercaya dapat mengurangi keinginan merokok karena menarik nafas secara mendalam dapat menenangkan diri dan meniru gerakan tubuh ketika sedang merokok.

5. Cari pengganti rokok dengan misalnya mengunyah permen karet. Tapi diingat kadar gula dari permen karet tersebut. Dikhawatirkan berhenti merokok eh malah jadi endut karena kebanyakan gula.

6. Batasi atau hindari penggunaan alkohol.

7. Mencari dukungan sosial. Berkumpullah dengan organisasi-organisasi positif yang menjauhi rokok. Misalnya organisasi olah raga, organisasi gereja, dll. Bisa juga mencari dukungan dari organisasi yang bertujuan untuk menghentikan kegiatan merokok, misalnya organisasi jantung sehat.

8. Bisa juga menggunakan bantuan hipnoterapi yang sekalipun mahal tetapi tetap lebih mahal kalo bayar dokter karena sakit jantungnya kumat.

Sumber :

Majalah Gaya Hidup Sehat No. 470/18-24 Juli 2008.

http://chemistrahmah.com/wp-content/uploads/2011/05/kandungan-pada-rokok.jpg. (diakses 23 Agustus 2011 jam 16.00)