Gambar

Pertanian Menggunakan LED

Pertanian Masa Depan

Perusahaan asal Belanda, PlantLab, menyatakan bahwa dari hasil penelitiannya tanaman pangan yang tumbuh dalam kondisi tanpa cahaya matahari dan sedikit air memiliki cita rasa yang lebih nikmat. PlantLab menggunakan lampu LED merah dan biru dalam membantu proses fotosintesis tanaman.

Teknik pertanian yang dikembangkan oleh PlantLab disebut dengan pertanian urban. Diharapkan di masa depan, teknik ini bisa membantuk perkembangan pertanian di gedung pencakar langit, gudang penyimpanan, dan bangunan bawah tanah.

Komentar :

Luar biasa negara-negara Eropa itu. Ketika mereka tidak memiliki bahan baku kopi, cokelat, lada, dll karena iklim mereka tidak memungkinkan hal itu, mereka menjajah negara-negara tropis dengan kekuatan senjata dan politik. Ketika menjajah secara kekuatan senjata tidak memungkinkan, mereka menjajah dengan menggunakan kekuatan politik dan investasi perusahaan-perusahaan mereka pada negara-negara tropis. Kita bisa lihat mana ada Cokelat Indonesia, yang ada Cokelat Swiss. Kita bangga menyeruput Starbuck yang bahan mentah kopinya dari Indonesia dengan harga yang sangat mahal.

Sekarang negara-negara Eropa memiliki teknologi untuk mengembangkan tanaman tanpa tergantung sinar matahari. Tidak dapat dibayangkan bagaimana jika suatu saat mereka mampu menanam kopi dan cokelat di negara-negara non tropis. Habislah Indonesia sebagai sasaran pasar produk-produk mereka. Mungkin ini adalah pandangan pesimis saya. Tetapi saya tidak menutup mata bahwa ada pengusaha-pengusaha Indonesia yang mulai menggali potensi dalam negari Indonesia untuk dijual ke luar. Saya hormat pada Kedai Kopi Bengawan Solo, usaha waralaba Telo Krezz, Bumbu Desa, dll yang berani menjual merek lokal ke pasar, syukur-syukur ke pasar internasional. Biar gantian mereka yang mengkonsumsi produk-produk Indonesia yang dihasilkan oleh pengusaha-pengusaha Indonesia sendiri.

Sumber :

Koran Tempo, Rabu 24 Agustus 2011

http://www.tempo.co/hg/sains/2011/08/15/brk,20110815-351970,id.html. (Diakses Rabu, 24 Agustus 2011 jam 11.20 WIB).

Advertisements