Gambar

Buah Makasar

Buah Makasar Dapat Obati Kanker

Buah Makasar menurut penelitian oleh Guangdong Provincial Cancer Research Centre di Guangzhou, Cina, menyebutkan bahwa buah ini mengandung senyawa seperti brusatol, brucamarine, brucealin, stearinic acid, dan brucenol yang saling bersinergi untuk menangkal kanker. Selain itu ada terdapat juga senyawa oleic acid dan yatanocide untuk melawan penyakit kanker rahim, dubur, paru-paru, kulit, hati, pencernaan, dan sebagainya. Selain itu buah makasar bisa juga diekstrak menjadi obat gosok penawar rasa sakit pinggang. Selain itu, akar tanaman dari buah makasar mengandung senyawa antiparasitidal untuk mengobati sakit malaria.

Tanaman buah Makasar tumbuh pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Tanaman tersebut tumbuh tegak setinggi 1-2,5 meter warna kuning. Daun tanaman yang menghasilkan buah Makasar berupa daun majemuk menyirip ganjil, bartangkai, dan letaknya berhadapan, Helaian anak daun berbentuk memanjang dengan ujung yang meruncing, pangkal berbentuk baji, tepi bergerigi kasar, permukaan atas berwarna hijau, permukaan bawah berwarna hijau muda dengan panjang 5-10 cm dengan 2-4 cm.

Buah majemuk berkumpul dalam rangkaian berupa malai padat yang keluar dari ketiak daun, warna ungu kehijauan. Buah Makasar berbentuk bulat telur, panjang sekirat 8 mm. Jika sudah matang berwarna hitam. Bijinya bulat, berwarna putih.

Buah Makasar di daerah Lampung bernama belur, di Jawa Barat bernama kendung peucang, ki padesa dan walot, dan di Jawa Tengah bernama kwalot, makasar, buah makasar, dan tambara marica. Di Cina Buah Makasar bernama yandanzi, go samsi, dan ko som ci.

Contoh Pemakaian :

1. Mengobati Amuba

Giling 10-15 buah makasar sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum semuanya sekaligus. Lakukan sehari tiga kali selama 7-10 hari,

2. Malaria

Ambil isi buah makasar, kira-kira 10 buah, lalu giling sampai halus. Masukkan ke dalam kapsul, lalu minum semuanya sekaligus. Lakukan sehari tiga kali selama 3 hari. Selanjutnya, dosis dikurangi setengahnya (5 buah) dan minum selama 5 hari.

Cuci 15-20 gram akar buah makasar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali dengan dosis masing-masing 1/2 gelas.

Sumber :

Koran Warta Kota, Minggu 21 Agustus 2011.

http://aboutherbal.wordpress.com/2010/11/28/buah-makasar-brucea-javanica-l-m. (Diakses Sabtu, 27 Agustus 2011 jam 20.51).

Komentar :

Ternyata alam Indonesia sangat luar biasa dilimpahi oleh Tuhan Yang Maha Tinggi. Kaya luar biasa. Sumber kekayaan hayati yang sangat luar biasa. Sekarang marilah kita Bangsa Indonesia mau menggali kekayaan hayati alam Indonesia. Segera teliti dan patenkan untuk kemakmuran Bangsa dan Negara Indonesia. Masakan hanya untuk menggali kekayaan alam hayati Indonesia kita harus mengundang investor asing. Jangan sampai seperti temulawak yang sudah dipakai ribuan tahun oleh nenek moyang Indonesia untuk pengobatan, tetapi dipatenkan oleh Amerika. Jadinya bengong deh orang Indonesia yang ingin mengkomersilkan temulawak untuk pengobatan dengan membayar Amerika atas kekayaan alam negara kita sendiri. Selamat membayar dan memperkaya negara asing dengan kekayaan alam Bangsa Indonesia.